“Krisang SPY : Kripik Pisang Sing Penting Yakin” Produk Unggulan Identitas Desa Jatiroyom

Tim II KKN Undip telah melaksanakan program multidisiplin dengan tema pemberdayaan ibu rumah tangga. Tim II KKN Undip Desa Jatiroyom berusaha untuk mendorong ibu rumah tangga untuk merintis usaha kripik pisang khas Jatiroyom. Hal ini guna memunculkan produk unggulan dan identitas desa agar menjadi pembeda dengan desa lainnya baik di Bodeh atau bahkan di Jawa Tengah. Proses pelatihan ini dilakukan selama dua hari yaitu tanggal 8 & 9 Agustus 2018.

Pada tanggal 8 Agustus, Tim II KKN Undip menyampaikan dasar dasar berwirausaha seperti pendaftaran merk dagang, SOP Pemasara, SOP Produksi hingga SOP Pembukuan. Hal ini dilakukan agar ibu ibu rumah tangga memiliki dasar yang kuat serta memunculkan semangat berwirausaha. Selain itu, mahasiswa kkn juga melakukan sosialisasi pembuatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan juga Kelompok Usaha. Ini bertujuan agar nantinya apabila usaha kripik pisang ini sudah menjadi identitas desa, dapat dikelola dan dimaksimal dengan menghimpun pengusaha kripik pisang tersebut. Pada hari itu, ada 30 ibu rumah tangga yang berasal dari 5 dukuh yang ada di Desa Jatiroyom. Acara dimulai pukul 14.00 WIB dan selesai pukul 17.00 WIB. Di ujung acara, Tim II KKN Undip Desa Jatiroyom menyerahkan modul untuk setiap dukuh yang berisi materi sosialisasi secara menyeluruh.




Pada tanggal 9 Agustus, acara dimulai pukul 10.00 WIB di Balai Desa Jatiroyom. Acara hari ini adalah demo memasak kripik pisang dimulai dari produksi hingga pengemasan siap jual. Hari itu, dihadiri oleh 25 ibu rumah tangga. Acara dimulai dengan mengolah pisang mulai dari mengupas, merendam di air kapur sirih hingga menggoreng menjadi kripik pisang. Setelah itu, kripik pisang melalui proses sortasi dan menambahkan berbagai macam rasa seperti vanilla, coklat, sapi panggang, balado hingga rasa original. Setelah selesai, kripik pisang ini dicicipi oleh peserta pelatihan dan perangkat desa yang hadir. Setelah itu, produk ini dibawa ke Expo KKN Undip Pemalang yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2018 untuk dikenalkan kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pemalang.



Diharapkan, dengan mendorong munculnya UMKM di Desa Jatiroyom dalam mendorong peningkatan perekonomian di Desa serta membuka mata pencaharian dan lapangan pekerjaan sehingga sejalan dengan pembangunan ekonomi bagi Desa Jatiroyom.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*